Langsung ke konten utama

Analisis 6M dan SWOT

Nama : Ahmad Fikri Aldila
Kelas : XI MIA 7

Analisis 6M:

1.      Man ( Manusia )
Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi disamping tanah, modal, dan keterampilan. Pandangan yang menganggap sama manusia dengan faktor-faktor produksi lainnya dianggap kurang tepat, baik dilihat dari segi  konsepsi, filsafat, maupun moral. Manusia adalah unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan perusahaan.

2.      Money ( Uang )
Money atau uang adalah salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang adalah alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan bisa diukur dari segi jumlah uang yang beredar di suatu perusahaan atau industri.
Oleh sebab itu, uang merupakan unsur yang penting dalam mencapai tujuan karena segala sesuatu mesti diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan guna membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan yang harus dibeli, dan berapa hasil yang akan dicapai dari sesuatu organisasi.

3.      Material ( Fisik )
Perusahaan umumnya tidak membuat sendiri bahan mentah yang dibutuhkan, melainkan membeli dari pihak-pihak lain. Karena itu, manajer perusahaan berusaha agar dapat memperoleh bahan mentah dengan harga yang  termurah, dengan menggunakan pengangkutan yang murah dan aman.
Disamping itu, bahan mentah itu akan diproses sedemikian rupa sehingga dapat dicapai hasil yang lebih efisien.

4.      Machine ( Teknologi )
Mesin mempunyai peranan penting dalam proses produksi setelah terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap sehingga banyak perkerjaan manusia yang dapat digantikan ataupun dibantu oleh mesin.
Perkembangan teknologi yang begitu pesat juga menyebabkan penggunaan mesin makin menonjol. Hal ini dikarenakan banyaknya mesin baru yang ditemukan oleh para ahli sehingga memungkinkan peningkatan dalam produksi.

5.      Method ( Metode )
Metode kerja amat dibutuhkan agar mekanisme kerja dapat berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi ataupun administrasi tidak dapat terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang cukup lama.

6.      Market ( Pasar )
Pemasaran produk mempunyai peranan yang sangat penting karena apabila barang yang diproduksi tidak laku di pasaran, proses produksi barang akan berhenti. Artinya, proses kerja pun tidak akan dapat berlangsung.


Analsis SWOT :

Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
SWOT adalah singkatan dari:
  • S = Strength (kekuatan).
  • W = Weaknesses (kelemahan).
  • O = Opportunities (Peluang).
  • T = Threats (hambatan).
a. Strenght (S)
Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini.  Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi segmen pasar ayang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih maju.

b. Weaknesses (W)
Yaitu analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
c. Opportunity (O)
Yaitu analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang akan depan atau masa yang akan datang.
d. Threats (T)
Yaitu analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang maupun masa yang akan datang.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Kerajinan Bahan Lunak Dari Kulit Jagung

No Nama Kerajinan Gambar/ Foto/Sketsa Ragam Hias Nilai Estetik NIlai Ergonomis Teknik Pembuatan 1 Bros Flora/ Realis NIlai keindahan dan keselarasan Nilai keluwesan dan keindahan -Diwarnai -Dikeringkan -Dipotong -Dirangkai 2 Bunga Flora/ Realis NIlai keindahan dengan kontras Nilai keluwesan -Diwarnai -Dikeringkan -Dipotong -Dirangkai 3 Gantungan Kunci Realis Nilai keindahan dan keseimbangan sera keselarasan Nilai keluwesan dan keseimbangan -Diwarnai -Dikeringkan -Dibentuk (menjadi boneka) 4 Boneka Realis Nilai keindahan dengan keselarasan NIlai keamanan dan keluwesan -Diwarnai -Dikeringkan -Dibentuk (mulai dari bagian kepala hingga kaki) 5 Bando Flora/ Realis NIlai keindahan dengan keselarasan dan kontras N

Tugas KWU tentang kerajinan bahan lunak

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu  Salam sejahtera bagi kita semua (^o^)/ postingan kali ini bertujuan  untuk menyelesaikan tugas sekolah saya  berikut hasil tugas saya No Nama Kerajinan Bahan Dasar Motif Hias Teknik Pembuatan Fungsi 1 Bros Kulit Jagung Bunga (Flora)/Realis -Diwarnai -Dikeringkan -Dipotong -Dirangkai Aksesoris (pernak-pernik) 2 Bunga Kulit Jagung Bunga (Flora)/Realis -Diwarnai -Dikeringkan -Dipotong -Dirangkai Sebagai hiasan (benda hias ruangan) 3 Gantungan Kunci Kulit Jagung Boneka/Realis -Diwarnai -Dikeringkan -Dibentuk menjadi boneka Sebagai hiasan (gantungan) 4 Boneka Kulit Jagung Realis -Diwarnai -Dikeringkan -Dibentuk (mulai dari baggian kepala hin