Nama : Ahmad Fikri Aldila
Kelas : XI MIA 7
Analisis 6M:
1. Man (
Manusia )
Dalam pendekatan ekonomi, sumber daya manusia
merupakan salah satu faktor produksi disamping tanah, modal, dan keterampilan.
Pandangan yang menganggap sama manusia dengan faktor-faktor produksi lainnya
dianggap kurang tepat, baik dilihat dari segi konsepsi, filsafat, maupun
moral. Manusia adalah unsur manajemen yang paling penting dalam mencapai tujuan
perusahaan.
2. Money (
Uang )
Money atau uang adalah salah satu unsur yang tidak
dapat diabaikan. Uang adalah alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya
hasil kegiatan bisa diukur dari segi jumlah uang yang beredar di suatu
perusahaan atau industri.
Oleh sebab itu, uang merupakan unsur yang penting
dalam mencapai tujuan karena segala sesuatu mesti diperhitungkan secara rasional.
Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan guna
membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan yang harus dibeli,
dan berapa hasil yang akan dicapai dari sesuatu organisasi.
3. Material
( Fisik )
Perusahaan umumnya tidak membuat sendiri bahan mentah
yang dibutuhkan, melainkan membeli dari pihak-pihak lain. Karena itu, manajer
perusahaan berusaha agar dapat memperoleh bahan mentah dengan harga yang
termurah, dengan menggunakan pengangkutan yang murah dan aman.
Disamping itu, bahan mentah itu akan diproses
sedemikian rupa sehingga dapat dicapai hasil yang lebih efisien.
4. Machine
( Teknologi )
Mesin mempunyai peranan penting dalam proses produksi
setelah terjadinya revolusi industri dengan ditemukannya mesin uap sehingga
banyak perkerjaan manusia yang dapat digantikan ataupun dibantu oleh mesin.
Perkembangan teknologi yang begitu pesat juga
menyebabkan penggunaan mesin makin menonjol. Hal ini dikarenakan banyaknya
mesin baru yang ditemukan oleh para ahli sehingga memungkinkan peningkatan
dalam produksi.
5. Method
( Metode )
Metode kerja amat dibutuhkan agar mekanisme kerja
dapat berjalan efektif dan efisien. Metode kerja yang sesuai dengan kebutuhan
perusahaan, baik yang menyangkut proses produksi ataupun administrasi tidak
dapat terjadi begitu saja melainkan memerlukan waktu yang cukup lama.
6. Market
( Pasar )
Pemasaran produk mempunyai peranan yang sangat penting
karena apabila barang yang diproduksi tidak laku di pasaran, proses produksi barang
akan berhenti. Artinya, proses kerja pun tidak akan dapat berlangsung.
Analsis SWOT :
Analisis SWOT adalah suatu bentuk
analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara
sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang
untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka
panjang.
SWOT adalah singkatan dari:
- S = Strength
(kekuatan).
- W = Weaknesses
(kelemahan).
- O = Opportunities
(Peluang).
- T = Threats
(hambatan).
a. Strenght (S)
Yaitu analisis kekuatan, situasi ataupun
kondisi yang merupakan kekuatan dari suatu organisasi atau perusahaan pada saat
ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis ini adalah setiap perusahaan
atau organisasi perlu menilai kekuatan-kekuatan dan kelemahan di bandingkan
dengan para pesaingnya. Misalnya jika kekuatan perusahaan tersebut unggul di
dalam teknologinya, maka keunggulan itu dapat di manfaatkan untuk mengisi
segmen pasar ayang membutuhkan tingkat teknologi dan juga kualitas yang lebih
maju.
b. Weaknesses (W)
Yaitu
analisi kelemahan, situasi ataupun kondisi yang merupakan kelemahan dari suatu
organisasi atau perusahaan pada saat ini. Merupakan cara menganalisis kelemahan
di dalam sebuah perusahaan ataupun organisasi yang menjadi kendala yang serius
dalam kemajuan suatu perusahaan atau organisasi.
c.
Opportunity (O)
Yaitu
analisis peluang, situasi atau kondisi yang merupakan peluang diluar suatu
organisasi atau perusahaan dan memberikan peluang berkembang bagi organisasi
dimasa depan. Cara ini adalah untuk mencari peluang ataupun terobosan yang
memungkinkan suatu perusahaan ataupun organisasi bisa berkembang di masa yang
akan depan atau masa yang akan datang.
d.
Threats (T)
Yaitu
analisis ancaman, cara menganalisis tantangan atau ancaman yang harus dihadapi
oleh suatu perusahaan ataupun organisasi untuk menghadapi berbagai macam faktor
lingkungan yang tidak menguntungkan pada suatu perusahaan atau organisasi yang
menyebabkan kemunduran. Jika tidak segera di atasi, ancaman tersebut akan
menjadi penghalang bagi suatu usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang
maupun masa yang akan datang.
Komentar
Posting Komentar